Blogger Jateng

HELARAN ACARA "NGARUAT GETIH KARAWANG" TAHUN 2019 DALAM RANGKA MILANGKALA KABUPATEN KARAWANG KE-386


Panggung Utama "Ngaruat Getih Karawang"


Prihatin dengan kondisi Kabupaten Karawang yang ketika kita merayakan hari jadinya terkesan hanya menghambur-hamburkan anggaran saja namun tidak ada satupun kegiatan yang dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Karawang.

LSM Lodaya Karawang menggelar Kegiatan "Ngaruat Getih Karawang" di Desa Tamanmekar Kecamatan Pangkalan Kabupaten Karawang, Jum'at (20/09/2019) dengan rangkaian Acara Pagelaran Wayang Golek, Jaipongan, Ngarak Dongdang dan Sedekah Bumi.

Menurut Pupuhu Lodaya (Nace Permana, SE.,M.Ikom) kegiatan Ngaruat Getih Karawang merupakan acara pesta rakyat yang rutin setiap tahun diadakan oleh LSM Lodaya. Acara tersebut juga masuk dalam rangka milangkala Kabupaten Karawang ke-386.

Dengan harapan, Seni Budaya Karawang tetap lestari. Karena kalau berharap dari Pemerintah Daerah, Ulang Tahun Karawang hanya dinikmati oleh para pejabatnya saja, dimana dalam acaranya bisa menghabiskan anggaran hingga milyaran rupiah. 

"Kita tahu bersama, dari anggaran besar yang dikeluarkan Pemda untuk rangkaian Hari Jadi Karawang, banyak masyarakat Karawang yang berada dipelosok-pelosok justru tidak tahu hari lahirnya Kabupaten Karawang, karena semaraknya hanya ada di kota saja. kasihan masyarakat yang ada di desa mereka tidak bisa menikmati hiburan dari Pemerintah Kabupaten karena lokasi kegiatannya jauh dari tempat mereka," ujarnya.

Beliau juga menuturkan bahwa dia sangat prihatin ketika Kabupaten Karawang merayakan milangkala Kabuapaten Karawang ke-386 ini hanya diisi dengan acara yang bersifat seremonial dan karnaval. Tidak ada upaya untuk memunculkan seni dan budaya Karawang yang bisa menjadi Kebanggaan. 

" Hanya sedikit seni budaya Karawang yang dimunculkan, kebanyakan cuma acara joget-joget saja. Kita prihatin, karena seharusnya HUT Karawang bisa dijadikan momentum untuk membangkitkan seni budaya Karawang, bukan seremonial saja," katanya.

Oleh karenanya, lanjut Nace Permana, SE.,M.Ikom, kedepannya Lodaya akan selalu menggelar kegiatan serupa di setiap pelosok di Kabupaten Karawang.

"Banyak permintaan dari masyarakat dalam menggelar acara seperti ini. Dan kita akan secara rutin tiap tahun menggelar kegiatan Ngaruat ini terutama di daerah Kabupaten Karawang," pungkasnya. 

Ketua Umum Lodaya (Nace Permana, SE.,M.Ikom)

Prosesi Ngarak Dongdang 1

Prosesi Ngarak Dongdang 2





Posting Komentar untuk "HELARAN ACARA "NGARUAT GETIH KARAWANG" TAHUN 2019 DALAM RANGKA MILANGKALA KABUPATEN KARAWANG KE-386"